Ikatan Warga Gaduik

Jabodetabek & sekitarnya

Komputer untuk Wali Jorong

with 3 comments

Nagari Gaduik memiliki lima jorong, yaitu Jorong Tigo Kampuang, Aro-Kandikia, Pulai-Sungaitalang-Bukiklurah (PSB), Kambing VII, dan Pandam Gadang Rango Malai (PGRM). Masing-masing dipimpin oleh wali jorong.

Wali jorong memiliki tugas sebagai kepanjangan tangan wali nagari di tingkat kejorongan, juga memberikan pelayanan kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing, termasuk masalah surat-menyurat. Selama ini yang menjadi kendala pelayanan kepada masarakat adalah tidak adanya sarana tuis yang mamadai. Padahal, kemajuan teknologi komputer dewasa ini merupakan kenyataan yang tidak bisa dihindari.

Menyadari perlunya pemanfaatan komputer sebagai sarana kemudahan pelayanan masyarakat di tingkat jorong, alhamdulillah para perantau yang terhimpun dalam Iwarga telah memberikan sumbangan lima perangkat komputer kepada lima wali jorong di Nagari Gaduik. Masing-masing terdiri atas monitor, CPU, keyboard, dan printer.

Penyerahan komputer dilakukan pada acara pembukaan Seminar Pendidikan di Nagari Gaduik pada tanggal 12 September 2010 di SMP Gaduik, Simpang Gaduik. Dalam kesempatan itu Ketua Iwarga Jakarta dan Sekitarnya, Dr. Erman Syamsuddin, menyampaikan pidato dalam acara sambutan pembukaan seminar itu. Sebelum berpidato, beliau mengajak pengurus dan anggota Iwarga yang berkesempatan pulang basamo naik panggung.

“Keberadaan Iwarga nan baru satu tahun sangaik dirasokan dek para perantau Gaduik di Jakarta dan sekitarnyo. Bahkan, pada tahun iko alah bisa pulo menyumbangkan limo parangkaik komputer untuak inyiak-inyiak wali jorong sa-Gaduik,” kecek Pak Ketua Iwarga.

Kelima perangkat komputer itu diserahkan oleh perwakilan urang rantau nan berasal dari jorong masing-masing. Untuk Jorong PSB, map yang berisi berita acara penyerahan diserahkan oleh Sdr. Zulkarnaini, untuk Aro-Kandikia oleh Sdr. Yasril Narminda, untuk Kambing VII oleh Bapak Abdul Gaffar Ruskhan, untuk PGRM oleh Ibu Halimah, dan untuk Tigo Kampung oleh Sdr. Musbir.

Urang rantau berharap kepada para wali jorong agar dapat memanfaatkan komputer itu dengan sebaik-baiknya. Dengan demikian, pelayanan kepada masyarakat juga akan menjadi maksimal. Tentu saja keamanannya perlu juga diperhatikan, apalagi kantor jorong biasanya tidak ditunggui. (AGR)

Written by Yerry Edvian

September 26, 2010 pada 11:33 am

Ditulis dalam Berita

3 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Ambo selaku rang gaduik asa di Pandam gadang, rumah anak di laiang PGRM bangga ka IWARGA nan alah mamikia kan kampuang nan lah mambalian computer, tapi khusus di PGRM ndak nampak diambo Computernyo do ba sabananyo ko,

    DIDI. Malin Basa

    Maret 8, 2011 at 2:52 am

  2. ???????

    indra

    Juli 8, 2012 at 4:54 pm

  3. APO NAN TAJADI???

    ANAK RANTAU

    Juli 8, 2012 at 4:55 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: